Jobhun Surabaya Writing Class, Kesempatan Branding Sekaligus Sharing

DSC_0088

Sebenarnya keinginan untuk membuat kelas-kelas untuk sharing ini sudah ada lama dibenak saya. Tapi masih belum terealisasi karena saat itu masih bingung wadah mana yang tepat saya gunakan untuk membuat acara seperti ini. Namun akhirnya saya punya ide untuk memasukkan kelas sharing ini di dalam program kerja Jobhun Surabaya.

Akhirnya tepat pada bulan Maret, untuk pertama kalinya Jobhun Surabaya menggelar kelas perdana yang bertajuk “Jobhun Surabaya Writing Class” pada 12 Maret 2017 lalu di Nin3 Space. Saya turut berperan sebagai mentor yang membagikan ilmu seputar penulisan artikel. Kemudian saya mengundang Debby Utomo yang merupakan reporter dari Provoke Magazine untuk mengisi materi tentang berita.

Bahasan pokok yang diberikan pada kelas kali ini ialah all about how to be a good writer, seperti materi penulisan berita dan artikel. Sesi pertama dibuka oleh Debby Utomo dengan materi tentang kepenulisan berita. Debby menjelaskan materi dasar yang harus dikenal dan diketahui oleh seorang penulis. Kemudian dilanjutkan dengan penjelasan mengenai prinsip-prinsip menulis yang sesuai dengan rumusannya, yaitu 5W+1H. Dimana 5W ialah what, where, when, who, dan why. Sedangkan 1H adalah How.

17200048_120300002492216958_1868245593_o

Nggak cuma itu aja, penjelasannya juga meluas hingga cara membedakan the hot topics dengan news headlines. Peserta diberi kebebasan untuk bertanya maupun merespon setelah materi setelah diberikan. Debby pun juga berbagi mengenai pengalamannya selama berada di dalam dunia tulis menulis. Mulai dari jatuh bangun menjadi seorang penulis, hingga banyaknya challenge yang harus dihadapi saat terjun di dunia jurnalistik. Debby menutup sesi ini dengan sebuah pesan kepada para peserta untuk tetap menulis dan terus menulis. Menurutnya Kota Surabaya masih sangat butuh talent-talent muda yang pandai merangkai kata-kata sesuai gaya dan kepribadiannya.

Setelah sesi mentoring dengan Debby berakhir, kelas dilanjutkan dengan sesi kedua yang diisi oleh saya. Kali ini bahasan yang diberikan ialah seputar penulisan artikel. Mulai dari bagaimana cara membedakan ciri-ciri artikel yang berkualitas, perbedaan artikel fakta dan fake, hingga ciri-ciri artikel yang baik dan sesuai dengan usia pembacanya. Saya menjelaskan bahwa setiap artikel yang baik harus mengerti akan kebutuhan pembacanya. Topiknya harus disesuaikan dengan tujuan dan terget pembaca, sehingga konten yang diberikan dapat menarik minat para pembaca. Saya juga menjelaskan bahwa karakter artikel yang baik ialah harus informatif. Untuk melengkapi keakuratan data informasi tersebut, seorang penulis harus mampu mencari data yang sesuai dengan topik. Mereka juga harus tetap memerhatikan suatu kebenaran dari apa yang akan disampaikan pada artikel, sehingga artikel tersebut akan menjadi sebuah konten yang no hoax. Saya juga memberikan beragam tips agar suatu konten lebih enak dibaca, misalnya dengan cara membaca ulang apa yang sudah kita tulis. Kemudian perhatikan juga apakah ada typo. Meski terkesan sepele, hal ini tetap saja akan menggangu pembaca.

IMG_1012

FYI, ternyata writing class ini banyak juga lho peminatnya, mulai dari kalangan mahasiswa hingga kalangan penulis yang ingin semakin menambah ilmunya. So, buat Jobhuners yang belum sempat mengikuti kelas ini, kalian biasa mengikuti the next class dengan topik bahasan lainnya yang tak kalah menarik. Last, thanks a lot for your participate in our first event. Keep write, keep try, practice, and be ready as potential future writer!

Author: cynthcecilia

Love writing and startup!

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *