ASUS ROG Strix GL502VS: Notebook Gaming Memukau dengan Nvidia Pascal

Lagi-lagi ASUS menghebohkan jagat gamers dengan menghadirkan varian notebook gaming terbarunya, yakni ASUS ROG Strix GL520VS. Mungkin para gamers akan bertanya-tanya, apa keunggulan notebook gaming terbaru keluaran ASUS kali ini? Ternyata notebook ini telah dipersenjatai dengan teknologi grafis Nvidia Pascal.

Apa sih Nvidia Pascal itu? Jadi, Nvidia, selaku vendor pembuat prosesor grafis, belum lama ini merilis sebuah pengembangan arsitektur kartu grafis terbaru bernama Pascal. Kartu grafis ini lah yang menggantikan chip grafis berbasis Maxwell. Saat ini chip grafis Pascal, yaitu GTX1000 series telah hadir pada segmen notebook.

dsc06256
Penampakan ASUS ROG Strix GL502VS secara menyeluruh

Perlu diketahui bahwa grafis berbasis Pascal merupakan GPU (Graphics Processing Unit) pertama milik Nvidia yang dibuat dengan memakai 16 nanometer FinFET fabrication technology. Terdapat 150 miliar transistor di dalamnya yang bisa menghasilkan performa tinggi. Namun pada saat bersamaan menawarkan efisiensi energi yang berkualitas baik untuk beragam kebutuhan komputasi. Chip grafis berarsitektur Pascal ini dapat memberikan performa grafis yang mumpuni pada notebook. Bisa dibilang kekuatannya mampu mengalahkan GPU seri sebelumnya, yaitu GTX980 yang ditujukan untuk desktop. Keren kan?

ASUS Challenge Your City yang digelar pada Kamis, 1 Desember 2016 di Hotel Sheraton Surabaya
ASUS Challenge Your City yang digelar pada Kamis, 1 Desember 2016 di Hotel Sheraton Surabaya

ASUS ROG Strix GL502 mengemas kartu grafis NVIDIA® GeForce® GTX™ terbaru beserta prosesor Intel® generasi ke 6 dalam sebuah notebook yang memiliki desain ringan dan ringkas. Notebook ini tentu akan memudahkan kamu untuk menikmati high – end gaming di mana pun kamu berada. Melihat spesifikasi utamanya, laptop ini bisa dibilang sangat gahar kan? Saya merasa sangat beruntung karena mendapatkan kesempatan untuk mereview ASUS ROG Strix GL520VS secara langsung pada Kamis, 1 Desember 2016 lalu di Hotel Sheraton Surabaya. Walaupun saya bukan gamers sejati, tapi siapa sih yang nggak ngiler dengan notebook yang satu ini? Bayangkan saja, nggak akan ada “cerita” nge-lag lagi saat sedang asyik war. Betul?

Nampaknya semakin hari ASUS memang ingin serius memperkuat posisinya ke dalam segmen gaming dengan mengembangkan brand ROG (Republic of Gaming) miliknya. Keseriusan ini terlihat dari hadirnya seri ASUS ROG GL502VS ini yang menjadi notebook gaming pertama berkekuatan Pascal. ASUS tak tanggung-tanggung untuk melakukan peningkatan performa kartu grafis pada notebook ini. Penasaran dengan kecanggihan notebook ini? Berikut ini merupakan spesifkasi lengkap dari ASUS ROG Strix GL520VS.

Spesifikasi ASUS ROG Strix GL502

CPU Intel® Core™ i7-6700HQ Processor (6M Cache, up to 3.50 GHz)
Sistem Operasi Microsoft Windows 10 Home
Chipset Intel® HM170 Chipset
Memori DDR4 2133MHz SDRAM, 2 x SO-DIMM socket for expansion, up to 32 GB SDRAM
Penyimpanan 2,5” SATA 1TB 7200rpm + 256GB PCIEx4 SSD NVMe PCIe SSD
Layar 15.6″ (16:9) LED backlit FHD (1920×1080) Anti-Glare 60Hz Panel with 72% NTSC with G-Sync
With WideView Technology
Kartu Grafis NVidia GeForce GTX1070 8GB DDR5 (G-Sync), VR Ready
Input/Output 3x USB 3.0 port(s)

1x USB 3.1 Type-C port(s)

1x HDMI port

1x Mini Display Port

3-in-1 cardreader (SD/SDXC)

1 x Microphone-in/Headphone-out jack
1 x RJ45 LAN Jack for LAN insert
1 x SD Card Reader
1X AC adapter plug

Kamera Built-in HD Camera & array mic
Konektivitas 802.11AC+BT
Audio Support Windows 10 Cortana with Voice, Dual Array Microphone, Bang & Olufsen ICEpower with SonicMaster
Berat 2.2 kg tanpa baterai, 2.34 dengan baterai
Dimensi 39.0(W) x 26.6(D) x 3.01 (H) cm
Keyboard Anti-ghosting Illuminated chiclet keyboard, 1,6mm of key travel distance, specially designed WASD cursor keys
Card Reader Multi-format card reader (SDHC/SDXC/MMC)
Jaringan Wi-Fi: Integrated 802.11b/g/n, Integrated 802.11 AC
Bluetooth: Built-in Bluetooth V4.0
WebCam HD Web Camera
Desain khusus Alumunium alloy body, elegant, and modern lines, New ROG Strix design
Baterai 4 cells 62 mAh Whrs Battery, 4120mAh
Adaptor Daya Plug Type: ø5.5 (mm)
Output: 19 V DC, A, 180 W
Input : 100 -240 V AC, 50/60 Hz universal
Sekuritas Kensington lock
BIOS Booting User Password Protection
HDD User Password Protection and Security
Sertifikat UL, TUV, CE Marking Compliance, FCC Compliance, BSMI, Australia C-TICK / NZ A-Tick Compliance, CCC, GOST-R, CB, Energy star, WEEE, RoHS
Aksesoris ROG Mouse
Garansi 2 tahun garansi hardware global *berbeda di setiap negara

Fitur-fitur ASUS ROG Strix GL520VS

Setelah melihat beberapa spesifikasi di atas, kamu juga perlu menyimak beberapa fitur lengkap dari ASUS ROG Strix GL520VS berikut ini.

Performa yang tidak tertandingi

Pengguna dapat merasakan performa tingkat tinggi saat menggunakan ASUS ROG Strix GL502 karena notebook ini menggunakan prosesor Intel® Core™ i7 Quad-Core generasi ke-6 yang dipadukan dengan RAM hingga 32GB DDR4. Sudah bisa dipastikan bagaimana kecepatannya, kan? Prosesor i7 memiliki keunggulan dalam proses multitasking, di mana setiap core pada prosesor diizinkan bekerja pada 2 pekerjaan sekaligus dalam waktu bersamaan. Sedangkan tipe HQ artinya memiliki kinerja yang tinggi dalam hal grafis. Berikut ini merupakan spesifikasi dari prosesor Intel® Core™ i7 Quad-Core generasi ke 6. Performanya jelas lebih unggul jika dibandingkan dengan beberapa seri di bawahnya.

Nomor Prosesor Kecepatan Clock Cache Jumlah Core/Jumlah Thread Jumlah Core/Jumlah Tread Jenis Memori Grafik
Prosesor Intel® Core™ i7-6700HQ (Cache 6M, hingga 3,50 GHz) 2,6 GHz 6 MB 4/8 45 W DDR4-2133, LPDDR3-1866, DDR3L-1600 Intel® HD Graphics 530

Sedangkan untuk kapasitas media penyimpanannya mencapai 1000 GB dengan harddisk berkecepatan 7200 rpm. Namun kamu masih bisa menambah storage dengan menggunakan SSD berukuran 256 GB yang memiliki kecepatan read/white lebih tinggi. Menurut saya, notebook ini banyak mengusung teknologi terkini, sehingga perangkat ini mampu mendukung aktivitas sehari-hari penggunanya. Hardware terbaru seperti ini akan menimbulkan kinerja yang lebih efisien dan powerful pada saat pengguna bermain game berat, atau pada saat sedang melakukan kegiatan multitasking. Selain bermain game, kamu juga bisa lebih produktif melakukan pekerjaan berat seperti saat melakukan video editing maupun live streaming.

Waktu mencoba notebook ini, saya mencoba membuka beberapa tab di browser, kemudian membuka program lainnya. Hasilnya? Very fast, guys! Saya yakin, kalau notebook ini saya pakai untuk bekerja sehari-hari, di mana pekerjaan saya hanya sekedar mengetik, browsing bahan penulisan, dan streaming (Baca: Profesi saya writer ya, bukan tukang ketik), pasti sangat lancar dan produktivitas bisa meningkat.

Kinerja yang handal

Telah disebutkan di atas bahwa pada sisi grafis laptop ini dibekali dengan menggunakan chip NVIDIA® GeForce® GTX™ 1070M beserta memori sebesar 8 GB GDDR5. Sedangkan untuk display, ASUS ROG Strix GL520VS memiliki bentangan layar 15,6 inci yang dilapisi dengan matte panel. Ada juga resolusi Full HD dengan aspect ratio 16:9 yang telah mendukung G-Sync. Jika dilihat dari spesifkasi yang begitu premium, dipastikan bahwa notebook ini dapat menjalankan berbagai game dengan mudah. Jadi nggak perlu khawatir kalau game yang akan kamu jalankan membutuhkan spesifikasi yang tinggi, laptop ini sudah memenuhi persyaratan itu, kok.

Dari spesifikasi yang sangat gahar tersebut, bisa dipastikan berbagai game masa kini bisa dijalankan dengan mudah oleh para gamers. Untuk sistem operasi, ASUS masih menyematkan Microsoft® DirectX® 12. Microsoft melakukan desain ulang pada graphics API Dircet3D, sehingga OS ini memiliki kemampuan lebih baik dan lebih efisien apabila dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Direct3D 12 memungkinkan utilisasi penuh pada komponen graphics card modern, sehingga mampu menghasilkan kualitas grafik yang lebih baik. Kamu nggak percaya dengan performa notebook yang satu ini? Coba cek hasil benchmark di bawah ini.

Benchmark Cinebench CPU
Benchmark Cinebench CPU

 

Benchmark Cinebench OPGL
Benchmark Cinebench OPGL
3d-mark-fire-strike
Hasil Uji Benchmark 3D Mark Fire Strike 1.1
Hasil Uji Kartu Benchmark PCMARK
Hasil Uji Kartu Benchmark PCMARK

Desain tipis yang elegan

Penampakan ASUS ROG Strix GL502VS dari depan
Penampakan ASUS ROG Strix GL502VS dari depan

Menurut saya, notebook gaming biasanya lebih berat jika dibandingkan dengan notebook yang sering digunakan untuk bekerja. Namun setelah saya mencoba memegang notebook ini, ternyata lebih ringan dari yang saya bayangkan. Dengan ketebalan 3 cm, dan berat sekitar 2.34 kg, ASUS ROG GL502VS dapat digolongkan sebagai salah satu notebook gaming tertipis di kelasnya. Kemudian apabila dilihat dari beberapa sudut yang berbeda, maka panel aluminium pada cover notebook ini dapat memberikan pantulan cahaya berkilau yang memberikan kesan mewah dan elegan. Nah, tipis dan elegan! Kurang apalagi? Kamu bisa membawa notebook ini kemana saja tanpa takut keberatan di dalam tas. Ngegame di mana saja dan kapan saja juga jadi lebih mudah dan menyenangkan.

Fitur multimedia yang mumpuni

Port
Port USB dari sisi kanan
dsc06255
Port USB dari sisi kiri

Selain bisa menjalankan berbagai game berat dengan resolusi dan detail yang tinggi, notebook ini juga telah mendukung berbagai macam fitur multimedia. Ada port HDMI 4K2K output yang bisa dipakai untuk menggabungkan notebook dengan monitor, atau bisa juga disambungkan dengan layar beresolusi maksimal. Bisa dibayangkan betapa mantabnya saat kamu bermain game atau menonton film, kan? Tak hanya itu saja, ASUS ROG GL502VS juga dilengkapi dengan port USB Type-C (USB 3.1 Gen 2) yang memiliki kecepatan transfer data hingga 20Gbps. Bentuk Port USB Type-C ini juga kecil dan simetris, sehingga kamu akan lebih mudah memasangnya ke port USB.

Keyboard yang nyaman untuk bermain game

Keyboard yang sangat nyaman digunakan untuk bermain game
Keyboard yang sangat nyaman digunakan untuk bermain game

Namanya juga notebook gaming, ASUS nggak tanggung-tanggung memberikan fitur premium. Selain masalah jeroan, perusahaan asal Taiwan ini menyematkan full-size chicklet keyboard yang memiliki backlight dan jarak tekan sebesar 1,6 militer. Sehingga pengguna dijamin akan merasa lebih nyaman saat bermain. Selain itu, ASUS juga memerhatikan kebutuhan para gamers dengan menambahkan tanda khusus pada tombol WASD, sehingga pengguna bisa mudah saat bermain di dalam suasana yang redup.

Menariknya lagi, keyboard yang dipakai pada notebook Strix ini telah mendukung 30 keys anti-ghosting keyboard. Fitur ini dapat memudahkan para gamers untuk bermain game sambil menekan berbagai kombinasi tombol di keyboard secara sekaligus untuk menjalankan instruksi. Bahkan melakukan berbagai gerakan tertentu pada game dengan lebih mudah dan tanpa masalah.

Pendingin ganda sebagai perlindungan

Apabila digunakan untuk bermain game secara terus menerus, bisa dipastikan bahwa sebuah notebook akan menjadi cepat panas. Namun kamu nggak perlu khawatir karena ASUS telah mempersiapkan teknologi canggih bernama Hyper Cool duo-copper thermal solution yang berada pada CPU dan GPU notebook ini untuk menghasilkan pendingin maksimal. Selain itu, ada juga fitur IceCool Technology yang akan menjaga bagian-bagian notebook yang tersentuh telapak tangan supaya tetap dingin. Sehingga tidak hanya bagian dalam saja yang dilindungi, namun keamanan dan kenyamanan pengguna juga tetap dilindungi.

Pengalaman menikmati VR

Kartu grafis NVIDIA® GeForce® GTX™ 1070 yang ada pada notebook ini telah siap digunakan untuk VR (Virtual Reality). Bahkan kecepatan dan efisiensi tenaga untuk menghasilkan performa menawan dalam menjalankan VR juga telah ditingkatkan. Kamu bisa mendapatkan pengalaman VR secara imersif dengan lancar tanpa hambatan, ngelag, stutter, atau low – latency.

Melihat dengan lebih jelas

Screenshot Game Doom
Screenshot Game Doom

ASUS ROG Strix GL502 menggunakan panel 15 inci dengan panel super-fast wide-view yang memungkinkan pengguna bisa melihat dengan lebih jelas hingga sudut kemiringan 178° pada layar Full HD.

Menghilangkan lag dan frame rate

Teknologi layar pada notebook ini akan mengeliminasi lag dan frame rate yang patah. Biasanya hal-hal seperti ini ditemukan pada saat pengguna menggunakan V – Sync. Teknologi NVIDIA® G-SYNC™ akan mensinkronisasikan refresh rate dari layar monitor dengan GPU tersebut. Sehingga lag akan berkurang, frame rate yang tersendat juga minim, dan menghilangkan kerusakan pada tampilan visual. Namun semuanya bisa berjalan tanpa harus memengaruhi performa sistem tersebut. Pengguna bisa mendapatkan tampilan gameplay yang lancar dan mulus.

Kecepatan akses data super cepat

Kamu nggak perlu takut lagi dengan loading yang lama. NVMe PCIe SSD pada notebook ini akan memberikan kecepatan akses data super cepat, sehingga akan mengurangi waktu menunggumu. Boot up ROG Strix GL502 juga menjadi lebih cepat. Kamu bisa membuka aplikasi dengan lebih cepat, kemudian waktu in-game loading juga menjadi lebih pendek, sehingga kamu akan bisa tetap fokus pada game yang ingin dimainkan. Notebook ini memiliki dua sistem penyimpanan, yaitu Harddisk 1 TB 7200Rpm SATA 2,5″ dan 256 GB SSD, yang berguna untuk menjalankan beragam aplikasi. Apabila keduanya sedang berjalan bersamaan, maka keduanya tidak akan saling mengganggu. Misalnya saja, saat sedang bermain, kamu juga ingin melakukan penyimpanan data, maka hal ini bisa dilakukan secara bersamaan. Tanpa harus menghentikan salah satu aktivitas yang sedang kamu lakukan. SSD atau Solid State Drive diakui mempunyai kinerja menulis data 21% lebih cepat dan membaca data 55,7% lebih cepat. Berikut ini hasil Hasil Uji Benchmark HDD dan Hasil Uji Benchmark SSD.

 

Hasil Uji Benchmark SSD
Hasil Uji Benchmark HDD
Hasil Uji Benchmark SSD
Hasil Uji Benchmark SSD

Kualitas suara terbaik

ASUS ROG Strix GL520VS dilengkapi dengan mikrofon array yang dirancang secara khusus untuk menyaring bunyi bising yang ditimbulkan, sehingga suaramu akan dapat tetap terdengar secara jelas dan sempurna, walaupun sedang berada di LAN party atau di lingkungan yang memiliki suara keras sekalipun. Speaker built-in telah diposisikan sedemikian rupa sehingga kamu bisa dapat merasakan kualitas suara audio pada saat bermain game secara maksimal.

Kesimpulan dan harga

Setelah melihat beragam fitur di atas, bagaimana menurut kamu? Sangat menggiurkan, bukan? Dapat dikatakan bahwa ROG Gaming Center memang memiliki tujuan untuk meningkatkan pengalaman bermain para gamers dunia. Kamu bisa mendapatkan kinerja bermain game yang lebih cepat dan bebas lag. Kalau pun kamu bukan gamers, kamu tetap bisa mendapatkan kinerja luar biasa dari laptop ini untuk menunjang produktivitas sehari-hari.

Notebook ini memiliki interface intuitif yang memberikan kenyamanan pada penggunanya dalam mengatur 4 mode preset package priority, antara lain Optimization, Game, Media Streaming, dan File Sharing. Kamu masih ragu? ASUS ROG Strix GL520VS dan notebook gaming ROG lainnya telah melalui serangkaian proses pengujian yang ekstrim, seperti tes keyboard, tes getaran, tes pemelintiran, hingga tes tekanan.

Kamu berminat untuk memiliki? Saat ini ASUS ROG Strix GL520VS telah tersedia secara resmi di Indonesia. Bagi kamu yang merasa gamers enthusiast, kamu bisa mendapatkan notebook gaming elite ini seharga Rp 30.299.000. Harga tersebut sudah termasuk fengan mouse gaming, headset gaming, dan Windows 10 Home di dalamnya. Mungkin harga yang ditawarkan memang cukup fantastis bagi sebagian orang. Namun performa yang ditawarkan notebook ini memang sangat worth it jika dibandingkan dengan harganya.

Sebagai tambahan, berikut ini merupakan video berisi permainan game Battlefield 1 menggunakan ASUS ROG GL502VS yang bisa menambah kepercayaan kamu terhadap performa notebook ini.

4 Komentar Tambahkan milikmu

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *